Effective Occupation dalam Nusantara Sehat

Effective Occupation dalam Nusantara Sehat

Menarik apa yang dituliskan oleh seorang penulis dalam kolom Opini Kompas hari Sabtu (4/24)  tentang agresivitas Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan. Dikatakan bahwa dalam tahun-tahun belakangan ini Tiongkok aktif juga agresif dalam membentuk pulau buatan di Kepulauan Spratly yang notabene masih disengketakan oleh beberapa negara tetangganya.

Kiranya Tiongkok menganut asas ‘effective occupation’. Berharap agar wilayah tersebut dapat diklaim oleh Tiongkok. Masih menurut penulis tersebut, dalam hukum internasional, ‘effective occupation’ artinya suatu wilayah dapat diklaim atas dasar pendudukan secara fisik. Atas asas ini pulau Sipadan dan Ligitan lepas dari pangkuan Ibu Pertiwi, karena Malaysia-lah yang memberdayakan kedua pulau ini, meski secara historis masuk wilayah Indonesia. Amat disayangkan.

Oleh karena itu Nusantara Sehat menjadi penting untuk dijalankan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Nusantara Sehat yang menguatkan potensi puskesmas pada daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK) akan sejalan dengan asas ‘effective occupation’. Dunia akan melihat bahwa Indonesia memiliki eksistensi atas daerah-daerah yang berada dalam daftar Nusantara Sehat.

Eksistensi sebuah negara dalam suatu daerah seperti Nusantara Sehat tidak bisa hanya dijalankan dalam waktu singkat. Perlu kontinuitas pengiriman tenaga kesehatan yang langgeng. Maka dari itu kebijakan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan harus dilanjutkan dalam kepemerintahan berikutnya. Mari dukung Nusantara Sehat.

Chandra

Ditulis di bawah rindangnya pohon manggis

Depok, Rajab 1437H

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s