Syarat Agar Sebuah Jurnal Terindeks di Google Scholar, DOAJ, dan Scopus

Buat para pengelola jurnal elektronik, perlu kiranya jurnal yang dia kelola untuk terindeks di Google Scholar, kemudian Directory of Open Access Journals (DOAJ), dan terakhir Scopus. Itu tahapan indeksasi jurnalnya. Tulisan ini sekedar catatan saja syarat-syarat apa yang perlu disiapkan agar bisa terindeks pada situs-situs tersebut. Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan seseorang yang masuk ke email saya. Agar tidak salah paham, tulisan ini sekedar catatan saja dan saya bukanlah seorang yang ahli dalam hal ini.

Baca selengkapnya di sini.

hchandraleka-syarat-terindeks-di-gs-doaj-scopus

2 thoughts on “Syarat Agar Sebuah Jurnal Terindeks di Google Scholar, DOAJ, dan Scopus

  1. Dear bapak Happy Chandraleka

    Salam kenal, nama saya: Aristarkus Didimus Rumpak adalah staf pengajar pada Institut Bisnis dan Multimedia ASMI di Pulomas, Jakarta.

    Saat ini saya sedang mengembangkan E-Journals IBM ASMI dan menumakan kendala di dalam membuat Volume, Nomor, dan Tahun terbit pada setiap jurnal yang ada. Setelah saya searching di google untuk mencari jawaban terhadap kendala yang saya hadapi dalam membangun terbitan volume, no, dan tahun dari e-journal ibm asmi tersebut (dapat dilihat pada website: http://jurnal.asmi.ac.id/ ), maka menemukan tulisan populer mengenai e-journal dari bapak Chandraleka yang memang saya anggap benar-benar sudah ahli dalam membangun e-journals dari ojs (terlampir tulisah bapak pada ilmukomputer.com tentang: Perbedaan Naskah yang Diunggah dengan Quick Submit dan Proses Elektronik pada Open Journal Systems)

    Dan bila bapak Chandraleka tidak keberatan untuk mau membantu saya memberi solusi dalan tulisan step by step-nya terhadap kasus yang dihadapi yakni cara membuat Volume, No., dan Tahun terbit untuk ibm asmi e-jurnasl yang telah saya kembangkan sendiri dengan menyesuaikan pada nuansa akademik ibm asmi (sebagai bahan rujukan pembanding kasus yang saya hadapi, dan telah jadi meskipun belum ada artikelnya dapat dilihat pada contoh students e-joournal unpad: http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/issue/archive ).

    Atas perhatian dan bantuan dari bapak Chandraleka, sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan semoga kita dapat membangun dunia akademik dalam bentuk e-journals untuk memajukan budaya akademik dalam bentuk tulisan ilmiah bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini…..

    Salam hormat saya,
    Aristarkus Didimus Rumpak
    FB; ARISTARKUS DIDIMUS RUMPAK

  2. Mungkin sekedar share, karena saya masih newbie juga..untuk menerbitkan artikel memang susah..karena masih belum familiar dgn sistem ojs..kalau ngga salah masuk ke editor, buat create issue dulu, seperti vol 1 no 1 2014, setelah itu login lg ke jurnal manager, plih quick submit. Kita isi form nya. Krena kita sudah punya issue yg dibuat diatas td. Kita pilih directory isu mana yg akan kita isikan. Setelah selesai masuk lagi ke login editor. Ad isian future, back issue, kita pilh yg future karena belum dipublikasikan..kita pilih salah satu terbitan nya. Kemudian ada menu editing, lalu kita pilih yg ada pilihan galey. Kita upload file yg akan di publis. Setelah itu ada pilihan publis umum di klik. Nah itu saja kalau sepengatuan saya..mudahan bermanfaat

Leave a Reply

