Sinkronisasi Library di Mendeley Desktop dengan Cloud-nya

Salah satu aplikasi untuk mempermudah pembuatan daftar pustaka (dikenal dengan nama reference manager) yang tergolong gratis (baca: gratis dengan catatan) adalah Mendeley. Ada sederet kelebihan Mendeley dibanding dengan program sejenis. Salah satunya adalah mendukung penyimpanan personal sampai 2 GB di cloud.

Keuntungan lainnya library Mendeley yang sudah kita buat pada Mendeley Desktop dapat disinkronisasi dengan library di cloud. Ini tentunya menguntungkan sekali apabila komputer / laptop yang kita gunakan rusak, harddisk-nya mengalami masalah atau error yang lain. Atau bisa juga bila kita berganti komputer atau laptop yang lain, kita cukup melakukan sinkronisasi saja dengan data library yang telah ada di cloud, sehingga library yang telah kita bangun di Mendeley akan tetap sama di komputer / laptop mana pun.

Syarat pertama untuk melakukan sinkronisasi library pada Mendeley Desktop dengan cloud adalah tersedianya koneksi Internet. Selain itu akun Mendeley yang digunakan sama antara akun untuk login pada Mendeley Desktop dengan login di situs Mendeley.

Baca selengkapnya di sini.

hchandraleka-sinkronisasi-library-di-mendeley-desktop-dengan-cloud-nya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s